Mengenal Strategi Digital Marketing Yang Efektif dan Efisien

Image

 

Digital marketing merupakan salah satu strategi pemasaran guna mempromosikan produk dengan menggunakan media digital. Strategi ini dapat menjangkau konsumen secara lebih relevan, tepat waktu, dan lebih pribadi. Banyak teknik yang dapat dipraktekkan dalam menjalankan digital marketing. Dengan adanya konsep serta penerapan digital marketing, diharapkan dapat mendongkrak penjualan produk atau brand. Oleh karena itu, bagi para pengusaha yang menginginkan produk yang ditawarkannya dapat laku di pasaran, maka perlu mengetahui apa saja strategi digital marketing secara lebih rinci.

 

Strategi Digital Marketing

 

Seiring dengan majunya teknologi, tren dalam dunia bisnis kian bervariasi. Salah satunya ialah digital marketing atau pemasaran secara digital. Dengan menggunakan perangkat elektronik atau internet yang menggunakan beragam trik marketing serta media digital. Dengan demikian, anda dapat berkomunikasi dengan calon konsumen secara online. Terdapat beragam akses untuk para calon konsumen agar dapat melihat penawaran produk anda. Seperti media sosial, blog, website, dan lain sebagainya. Dengan akses inilah para konsumen dapat berkomunikasi dengan anda untuk menanyakan perihal produk yang anda tawarkan.

 

Strategi Digital Marketing Untuk Promosi Produk

 

Digital marketer terbaik adalah yang mempunyai gambaran jelas mengenai bagaimana promosi digital marketing yang dimiliki untuk mendukung tujuan penawaran produknya. Sesuai dengan tujuan strategi pemasaran, maka para pemasar digital dapat membuat kampanye yang lebih besar melalui media berbayar maupun media gratis yang dimiliki. Berikut ini beberapa strategi digital marketing yang cukup efektif membangun kesadaran digital serta meningkatkan kesadaran merek yang antara lain:

 

Search Engine Optimization (SEO)

 

SEO merupakan salah satu upaya mengoptimasi adanya sebuah situs, dengan tujuan untuk memperoleh peringkat teratas dari adanya hasil pencarian. Untuk dapat menjadi peringkat teratas, maka anda perlu memahami bagaimana mengenai sistem mesin pencari. Media yang dapat digunakan antara lain blog, indografis, serta website.

 

Conten Marketing

 

Salah satu proses merencanakan, membuat, dan membagikan konten mengenai perusahaan. Hal ini bertujuan untuk menarik pembaca guna mengetahui bisnis serta motivasi mereka untuk menjadi konsumen. Dengan strategi ini menunjukkan pembuatan serta promosi aset konten dengan tujuan untuk menghasilkan brand awareness, perolehan prospek, pertumbuhan traffic, serta pelanggan. Konten ini dapat dibuat dalam unggahan blog, artikel, e-book, brosur online, serta indografis.

 

Optimasi Pemasaran

 

Hal ini adalah salah satu teknik otomatisasi terhadap tugas tugas secara berulang. Tugas-tugas tersebut meliputi alur pekerjaan, susunan unggahan konten, serta laporan kampanye. Teknik ini dapat dilakukan pada kanal digital seperti media sosial atau email.

 

Pay Per Klik (PPC)

 

Cara ini untuk mengarahkan trafic pada situs yang anda miliki dengan adanya bayaran dalam setiap kliknya. Seperti pada Google AdWord, maka anda akan memperoleh slot teratas dalam setiap pencarian pada Google serta dikenakan biaya setiap klik. Disamping itu, terdapat pula pesan sponsor Linkedln dan Facebook Ads.

 

Native Advertising

 

Salah satu bentuk konten berbayar dengan tampilan yang hampir sama dengan konten media serta penempatannya. Konten yang nampak memiliki fungsi seperti pada bagian dari media yang terkait. Sebagai contoh Promoted Post pada Facebook dan Instagram.

 

Affiliate Marketing 

 

Merupakan salah satu jenis iklan, dimana anda bisa mempromosikan penawaran atau layanan dari pihak lain pada situs web yang anda miliki. Dengan Affiliate Marketing anda dapat bermitra dengan layanan atau situs orang lain. Hal ini bertujuan untuk membuat komisi dengan merujuk pembaca serta pengunjung bisnis anda. Seperti pada Hosting Video Ads serta YouTube.

 

Sosial Media Marketing

 

Dengan sosial media marketing, anda dapat mempromosikan brand serta konten pada akun media sosial yang anda miliki seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya. Media sosial dapat menjadi sarana promosi brand. Dalam menjalankan strategi digital marketing satu ini, sebaiknya anda fokus terhadap satu media sosial terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghemat biaya, waktu serta tenaga. Dalam mempelajari serta mengembangkan strategi digital marketing yang telah disebutkan di atas, tentu anda memerlukan adanya digital marketing agency. Dalam hal ini, anda dapat mempercayakan kepada digital marketing Solo yang sudah cukup berpengalaman dan terpercaya. Dengan bantuan agency, maka perusahaan anda dapat terbantu dalam berbagai hal yang berhubungan dengan digital marketing.

Digital Marketing Digital Marketing Agency Surakarta SOC Media Agency Digital Marketing Surakarta