Kesalahan Digital Marketing yang Sering Terjadi dalam Bisnis

Image

 

Kesalahan digital marketing mungkin jarang diperhatikan bagi sebagian orang. Padahal dalam digital marketing, banyak sekali hal yang harus dilakukan. Apabila terlewat bisa memberikan dampak yang kurang baik pada suatu bisnis yang sedang dijalankan. Bisnis digital marketing merupakan perpindahan dari bisnis konvensional menjadi bisnis berbasis online. Tak bisa dipungkiri bahwa bisnis ini akan semakin berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Apalagi Indonesia sudah memasuki revolusi industri besar-besaran. Dalam melakukan digital marketing, dibutuhkan pikiran yang kreatif. Hal ini bertujuan untuk mampu bersaing secara sehat dengan para pebisnis lainnya. Jika tidak, maka akan tertinggal dan tersaingi. Apalagi zaman sudah berkembang sehingga memberikan banyak kemudahan dalam melakukan digital marketing. Banyak tersedia akses media yang bisa digunakan dalam menjalankan digital marketing. Dalam menjalankan digital marketing, kini tak cukup dengan mengelola website dan sosial media saja.

 

Mengetahui Kesalahan Digital Marketing

Dalam menjalankan bisnis melalui digital marketing itu tidaklah sulit. Hal ini bergantung dengan bagaimana cara dalam menjual dan pemasaran yang tepat. Namun, banyak orang yang mungkin masih bingung terkait langkah yang tepat dalam melakukan digital marketing. Sehingga mereka belum paham akan hal apa saja yang wajib dilakukan dan ditinggalkan. Berikut adalah kesalahan yang sering terjadi saat menjalankan digital marketing:

 

1. Tidak Memahami Target Audience

Kesalahan pertama yang paling sering terjadi bagi pelaku bisnis adalah kurang memperhatikan target audience bisnis milik sendiri. Perlu diingat bahwa tidak semua produk yang dijual bisa diterima dengan baik oleh berbagai kalangan. Jika menyediakan sebuah produk, pastikan siapa saja target yang bisa dijangkau. Jangan sampai menjual barang mahal dengan target audience-nya adalah kalangan menengah ke bawah. Hal ini justru akan menjadi boomerang bagi diri anda sendiri.

 

2. Tidak Efektif dalam Menggunakan Sosial Media

Masih banyak dijumpai para pebisnis yang belum berkompeten dalam menggunakan sosial media. Ini akan menjadi penghambat bagi mereka. Sebab penggunaan sosial media yang efektif bisa meningkatkan pemasaran yang sangat drastis. Memposting produk saja tidak cukup dalam melakukan pemasaran. Kesalahan digital marketing yang satu ini sangat fatal. Sebab bisa menurunkan minat konsumen terhadap bisnis yang sedang dijalani.

 

3. Tidak Merencanakan Tujuan Marketing

Kesalahan yang satu ini juga sering terjadi di kalangan pebisnis. Bisa mengakibatkan digital marketing tidak berjalan dengan semestinya. Biasanya mereka menentukan sasaran yang tidak realistis. Maksudnya hanya mengira siapa dan berapa jumlah konsumen yang minat. Padahal banyak contoh tujuan marketing yang bisa dilakukan diantaranya adalah meningkatkan pendapatan dan penjualan meningkatkan traffic web, dan lain sebagainya. Jadi, para pemilik bisnis harus mengusahakan memikirkan tujuan yang akan dicapai kedepannya. Hal ini akan mempermudah dalam menjalankan bisnis karena bisa fokus dengan apa yang sudah menjadi tujuan.

 

4. Desain Website Kurang Menarik

Berbicara soal website memang sangat sulit. Sebab dalam membangunnya saja membutuhkan usaha dan waktu yang tidak sebentar. Terlebih lagi, mengelola tampilan juga akan sulit. Jika pemilik belum bisa mengelola tampilan website, maka bisa jadi kesalahan yang menurunkan pemasaran bisnis. Tujuan membuat website yang menarik adalah supaya orang-orang betah berada di halaman website tersebut. Hal ini bisa menjadi batu loncatan bagi pemilik bisnis agar bisa bersaing dengan yang lainnya.

 

5. Mengabaikan SEO

Kesalahan digital marketing yang sangat fatal adalah mengabaikan penggunaan SEO. Padahal penggunaan SEO yang optimal bisa meningkatkan traffic website. Tak hanya itu, website juga bisa dengan mudah muncul pada halaman pertama mesin pencarian. Akan sangat beruntung ketika website suatu bisnis bisa muncul di halaman pertama. Karena kemungkinan besar pengunjungnya akan banyak. Sehingga produk yang anda sediakan bisa laku terjual. Dengan begitu, pemilik bisnis perlu mengoptimalkan penggunaan SEO. Jika masih pemula, banyak tersedia jasa pengelolaan SEO yang bisa digunakan. Tentunya akan sangat membantu dalam mengelola konten yang ada di website. Itulah beberapa kesalahan digital marketing yang kerap terjadi. Bahkan banyak para pebisnis yang belum mengerti akan pentingnya menjalankan beberapa hal di atas. Solusi agar bisa mengatasi masalah ini adalah menggunakan jasa pengelola website agar bisa terawat dengan baik.

Digital Marketing Kesalahan Digital Marketing Bisnis Digital