5 Peralatan Pendukung Live Streaming

Image

Live streaming adalah salah satu tren digital marketing yang sedang berkembang sejak platform media sosial merilis fitur Live. Saat pandemi Covid-19 merebak, Live Streaming semakin naik daun karena adanya pembatasan yang diberlakukan saat itu.

Masalahnya, untuk menghasilkan kualitas Live Streaming yang baik, diperlukan alat-alat pendukung. Berdasarkan penelusuran dari berbagai sumber, terdapat lima alat pendukung untuk dapat menghasilkan Live Streaming yang baik, di antaranya:

Kamera Video

Alat ini merupakan yang krusial saat akan melakukan Live Streaming. Untuk menghasilkan gambar yang jernih selama Live Streaming, perlu menggunakan kamera dengan spesifikasi yang tinggi. Apalagi jika Live Streaming ini adalah acara dengan reputasi tingggi sehingga diperlukan kualitas kamera yang tinggi untuk menghasilkan Live Streaming yang baik.

Baca Juga:SOCMedia Siap Suguhkan 360 Degree Digital Marketing

Contoh jenis kamera dengan spesifikasi tinggi dan mendukung Live Streaming, di antaranya ada Sony NX100, Sony NX70, Sony MC88 dan masih banyak lagi.

Microphone

Untuk menghasilkan suara yang lebih jernih saat Live Streaming, perlu ditambahkan microphone.Dengan adanya microphone, suara yang ditangkap akan lebih mulus dan memungkinkan suara-suara noise dapat diminimalisir. Untuk mendapatkan microphone tidak perlu membayar harga tinggi, microphone dengan harga kisaran Rp230.000-350.000 sudah mampu menghasilkan suara yang jernih dan bagus.

Perlampuan

Perampuan atau lighting juga sangat penting untuk menunjang visualisasi. Banyangkan saja, sudah memakai perangkat kamera bagus tapi ruangannya memiliki pencahayaan yang remang-remang. Tentu saja Live Streaming akan kurang maksimal dan audiens yang menonton juga terganggu.

Baca Juga:Berikan Layanan Live Streaming, Begini Cara Kerja Tim SOCMedia

Laptop/Komputer

Peralatan live streaming berupa laptop atau komputer wajib ada. Pasalnya, aktivitas live streaming Youtube kebanyakan dilakukan di laptop atau PC untuk proses penyatuan suara dan gambar hingga menyambungkan video ke Youtube.

Software Live Streaming

Software atau aplikasi diperlukan untuk mengatur ukuran kamera, measukan presentasi atau foto-foto dan sebagainya. Pasalnya, video mental yang tidak ediedit akan terkesan membosankan untuk ditonton.